Cara Belanja di Yes24 Indonesia Untuk Kali Pertama (Tidak Disponsori)

Disclamer: Pengalaman Belanja di Yes24 Indonesia ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis tanpa disponsori oleh pihak manapun.

Saya suka belajar Bahasa dan saat ini saya sedang memperdalam Bahasa Korea. Sudah memiliki niat untuk les (course) Bahasa Korea sayangnya hingga saat ini niatan tersebut belum terwujud. Di Surabaya sendiri terdapat banyak tempat les Bahasa Korea baik yang gratis, berbayar melalui institute dan les secara private.


Sayangnya karena waktu saya terbatas saya belum bisa mengambil kelas-kelas tersebut. Terlintaslah dibenak saya untuk belajar secara otodidak/mandiri. Sayapun mencari tahu mengenai buku Bahasa Korea untuk pemula. Akhirnya saya menemukan buku SEJONG 세종한국어1. Dimana buku ini dijual di Yes24.


Kesan pertama membuka halaman Yes24 adalah Korea banget! Halaman utama web Yes24 sangatlah ramai dengan promo dan beberapa pop up mengenai penjualan tiket konser yang berbau Korea pastinya.

Untungnya mapping web ini sangat baik. Saat saya ingin mencari buku, saya bisa mencari melalui katagori yang telah disediakan. Barang-barang yang dijual di Yes24 ini banyak macamnya loh. Dari tiket konser, make up, music, fashion, buku, hingga gadget. Persediaan mereka tidak selalu tersedia di Indonesia terdapat beberapa barang yang harus dikirim terlebih dahulu dari Korea. Beruntungnya buku yang saya beli telah diimport dari Korea terlebih dahulu alias Yes24 memiliki persedian yang tersedia di Jakarta. Tenang saja saat kalian memesan kalian dapat mengetahui barang yang kalian pesan harus diimport terlebih dahulu atau sudah tersedia di Jakarta.


Berbeda dari platform belanja lainnya, Yes24 menyediakan pilihan untuk berbelanja tanpa menjadi member atau sign in terlebih dahulu (khusus seluruh pembelian items kecuali pembelian tiket). Perbedaanya apa? Jika kalian menjadi member kalian akan menerima point yang dapat ditukarkan dengan potongan pada saat kalian belanja pada saat berikutnya. Jika kalian tidak menjadi member kalian tidak dapat menerima point tersebut.

Berdasarkan pengalaman ku, mendaftar member yes24 sangat sulit. Bukan karena pengisian datanya namun terlebih karena koneksi server mereka menolah pendaftaran member baru. Setelah mengisi seluruh data yang diminta saat klik untuk lanjut tiba-tiba halaman web jadi blank, sehingga saya harus menggulang kembali. Saya harus menggulang kira-kira 4-5x hingga akhirnya berhasil sign in sebagai member. Oh yah saya tidak menyarankan untuk sign in member melalui handphone karena pasti gagal. Saya telah mencoba puluhan kali dan selalu gagal.


Saatnya berbelanja. Explore lah web Yes24 sepuas anda, dan berbelanjalah sepuas anda. Seluruh belanjaan anda akan masuk ke dalam troli. Isi troli ini dapat anda lihat pada halaman utama anda. Disini saya menggunakan acuan bahwa anda telah terdaftar sebagai member. Disamping tulisan Troli terdapat virtual button dengan tulisan lihat. Klik lah virtual button tersebut untuk membuat pesanan.
Urutan belanja di Yes24 secara singkat adalah sebagai berikut:
  • Memasukkan barang belanjaan ke Troli

  • Membuat pesanan (pada langkah ini anda akan diminta untuk mengisi data pemesan, alamat pengiriman, metode pembayaran, jika anda memiliki kupon/voucher anda bisa gunakan kupon/voucher anda pada tahap ini, dan akan keluar jumlah pembayaran yang harus anda bayar)
  • Konfrimasi pesanan (konfirmasi ulang nama pemesan, alamat pengiriman, dan jumlah pembayaran)
  • Pemesanan selesai (anda akan menerima nomor pesanan pada langkah ini. Ingatlah nomor pesanan ini untuk konfirmasi pembayaran)
  • Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah pesanan anda
  • Konfrimasi pembayaran anda ke help(at)yes24(dot)co(dot)id
  • Tunggulah barang anda hingga sampai dirumah anda
Pembayaran dapat dilakukan dengan 4 cara yaitu Bank Transfer (melalui bank BCA, BNI & Mandiri), Kartu Kredit (Visa & Mastercard), Virtual Account, dan Cash on Delivery (hanya berlaku untuk Jakarta, Depok, Bekasi & Tangerang). Penyediaan berbagi macam cara pembayaran ini memudahkan pelanggan untuk membayaran pesanannya.


Hal yang tidak saya suka adalah saya harus mengkonfirmasi secara manual pembayaran saya ke Yes24. Menurut saya pribadi hal ini kurang praktis, saya seperti merasa belanja pada online shop yang banyak di Instagram. Untuk konfirmasi ini tersedia juga format yang harus diikuti. Saya rasa bagi beberapa orang hal ini akan menyita waktu mereka. I hope Yes24 akan meningkatkan sistemnya dalam hal konfirmasi pembayaran pelanggan tanpa harus melalui cara seperti ini.

Bagaimana mengenai pengirimannya? Pengirimannya cukup cepat untuk saya yang tinggal di Surabaya. Dalam waktu 3-4 hari barang telah saya terima. Packagingnya cukup aman. Buku saya di bubble wrap kemudian di masukkan ke dalam amplop plastik silver lengkap dengan tulisan Yes24(dot)co(dot)id. Buku yang saya terima-pun mulus tanpa ada lekukan. 

Overall, saya suka dengan pelayanan dari Yes24 Indonesia. Meskipun ada kendala dalam hal pendaftaran member dan cara konfirmasi pembayaran, saya tidak keberata untuk belanja di Yes24 dilain waktu. 

Semoga artikel ini membantu kalian yang ingin belanja di Yes24. Yuk berbagai cerita kalian di kolom komentar, karena berbagi adalah peduli.  

Christa Out X.O.X.O

Be Friend with Me on g+ 
 and 
Keep in touch with me on Instagram : iinchr 
 | Contac Me : icchrista [at] gmail [dot] com | Iin - Ic Christa |

18 komentar:

  1. Halo kak, mau tanya, sdh brp kali belanja di yes24? Kalau untuk proses pembayarannya ribet kah? Pernah baca juga di artikel2 kalau susah bgt kontak yes24 seumpama mau minta refund atau tanya tanya, terima kasih.

    BalasHapus
  2. Baru denger nih ada yes 24. Nanti kalau ga lupa aku coba lihar lihat ya

    BalasHapus
  3. Aku pernah order di yes24.. untuk pembayarannya menurutku lebih mudah pake Virtual Account, karena pembayaran kita OTOMATIS terKONFIRMASI langsung...
    Jdi kita tdk perlu konfirmasi pembayaran secara manual.. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak aku pengen nanya soal cara konfirmasi pesanan , bisa tolong PC aku lewat WA? 085256653355 kalau bisa kak tolong bantu aku ya aku sedih nih gk ada yang bisa bantu aku sama sekali ... Kalau boleh kak

      Hapus
    2. Halo, aku bantu jawab ya. Konfirmasi pembayaran itu dilakukan dengan cara email ke help@yes24.co.id dengan format No.order, transfer atas nama siapa, dan lampirkan bukti transfernya. Nanti pembayarannya di konfirm 1x24 jam

      Hapus
  4. Kak mau nanya aku kan udah bayar , terus kan harus konfirmasi ke help@yes24.co.id , itu apa ya semacam WEB? atau email? Soalnya aku udah lewat email tapi di aplikasinya gk kekonfir konfir , aku takut rugi padahal udah beli ... Kalau boelh tau cara kakak konfirmasi gimaya? Tolong Reply aku yah kak plis

    BalasHapus
  5. Kak, mau tanya, di bawah rekening di bank itu kan ada nama akun, itu maksudnya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nama akun bank kamu,nama akun yg ngetransfer uangnya

      Hapus
  6. kak, pembelian album di yes 24 bsa nyicil gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai aku bantu jawab nih
      Setauku di yes24 ga bisa nyicil harus lunas gitu bayarnya hehe

      Hapus
    2. ada pilihan nyicil tapi harus belanja lebih dari 500rb

      Hapus
  7. Kak ini mbayarnya kemana ya? Aku kok gak dapat no buat transfer

    BalasHapus
  8. no rek nya ada tertera saat kita pilih nama bank nya .

    BalasHapus
  9. Kak. Pembayaran nya bisa pake yes24 point nggak? Kan dia ku ada point nya gitu. Nah bisa dipake buat beli nggak?

    BalasHapus
  10. Hai kak aku masih ga paham banget nih tentang belanja di Yes24...tolong bantu yah bisa WA:0895361309009 makasih

    BalasHapus
  11. Hai kak aku masih ga paham banget nih tentang belanja di Yes24...tolong bantu yah bisa WA:0895361309009 makasih

    BalasHapus
  12. Kak mksd dr shipping name di yes24 apa ya??? Tolong dijawab yaa

    BalasHapus
  13. Yes24 indo masih ada ngga si ka?

    BalasHapus

Share your story, opinion, and experiences here !