Update! Berbagi Pengalaman Cara Belanja Di Sociolla (Tidak Disponsori)


Blog post ku yang berjudul "Pengalaman Belanja di Sociolla untuk Kali Pertama (Tidak Disponsori)" menjadi blog post yang paling banyak dilihat di blogku dan tidak terasa di tahun 2021, post tersebut sudah berumur 5. Aku merasa bahwa informasi pada post tersebut sudah tidak lagi relevant, oleh karena itu aku memutuskan untuk mengupdate post tersebut dengan berbelanja lagi di Sociolla di tahun ini.

5 tahun berlalu tentu banyak sekali perbedaan yang dapat ditemukan. Yang pertama aku menyadari bahwa Sociolla sudah menjadi salah satu market place untuk kosmetik dan skincare terbesar di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya brand yang bekerjasama dengan Sociolla. Namun ada hal yang sangat aku sayangkan yaitu masalah harga. Menurutku pendapatku pribadi, harga di Sociolla kurang bersaing jika dibandingkan dengan online shop yang lain, sekalipun ada diskon dan penawaran yang diberikan, rasanya masih kurang menarik. Ini lah yang menjadi salah satu alasanku tidak berbelanja di Sociolla beberapa tahun belakangan.

Special untuk menulis blog post ini, aku berbelanja di Sociolla sembari mencari barang apa yang menurutku harganya lebih murah daripada online shop lain masih bisa bersaing hehehe. Baiklah sekarang kita masuk ke tahap-tahap cara belanja di Sociolla. Langkah pertama tentunya kita masuk ke websitenya Sociolla. Tampilannya tentu sekarang sudah semakin cantik dan semakin user friendly. 


Langkah berikutnya agar tidak ribet, silahkan login ke dalam akun kalian. Untuk yang pertama kali, kalian bisa membuat akun kalian menggunakan facebook atau gmail. Sociolla ini teraffiliasi dengan forum SOCO dan Beauty Journal, sehingga akun kalian dapat digunakan di dua website tersebut bahkan untuk applikasi mobile phone SOCO by sociolla (sudah tersedia untuk android maupun ios). Berikut ini adalah contoh akun SOCO ku, dimana salah satu fitur yang diberikan dapat melihat segala yang berhubungan dengan pesanan kita. Pesanan yang sudah selesai, pesanan yang masih proses maupun pesanan yang yang dibatalkan, bahkan pembelian di offline store pun dapat terekam diakun kita. 



Setelah tanggal 1 September 2021, aku melihat-lihat tidak ada yang menarik, tanggal 4 September 2021, aku kembali ke Sociolla dengan berharap mendapatkan barang diskonan. Hayo, siapa yang disini suka banget nunggu promo tanggal kembar biar belanja lebih hemat? Ini mah aku banget. Setelah menetapkan hati untuk membeli sabun cuci muka dan toner, sekarang saatnya untuk melakukan pemesanan. Bukan perempuan namanya kalau ngga cari free ongkir atau potongan tambahan, yang setuju mari katakan "Yes! Aku banget!. Yap! di Sociolla ada fasilitas namanya redeem point dan redeem voucher. Untuk redeem point dimulai dari 100 point hingga 1000 point berlaku kelipatan 100 point dengan syarat point yang ditukar maksimal 50% dari nilai belanja. Untuk redeem voucher, hanya perlu memasukkan kode voucher yang kalian punya.

Awalnya aku ingin melakukan redeem point sebanyak 100 points atau yang setara dengan nilai Rp 10.000,- akan tetapi aku baru saja download applikasi SOCO by Sociolla dan mendapatkan voucher diskon 20%, oleh karena itu aku melakukan pemesanan (Check Out) melalui applikasi SOCO by Sociolla. 



Saat ini tersedia berbagai pembayar di Sociolla, mulai dari Virtual Account, Transfer via Bank, Credit Card, E-money/E-wallet (seperti ShopeePay, GoPay, Ovo) dan mini market. Untuk Virtual Account maupun E-Money/E-wallet dapat terkonfirmasi secara otomatis (tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran) dan tentunya hal ini sangat praktis. Kali ini aku memilih melakukan pembayaran menggunakan Virtual Account Bank BCA, dimana konfirmasi otomatis dapat dilakukan .

Kalian juga akan mendapatkan e-mail pemberitahuan secara berurutan mengenai :

- Pemesanan barang berhasil tetapi belum melakukan pembayaran dengan subject e-mail (Your payment process is not complete - Sociolla - (nomor pesanan)). Isi e-mailnya kurang lebih berisikan detail barang belanjaan, nomor Virtual Account, metode pembayaran dan cara metode pembayaran. Jangan lupa nomor Virtual Account hanya berlaku 1x24 jam sejak nomor VA muncul.

- Subject e-mail (Sociolla - Order Confirmation), isi e-mail ini kurang lebih sama dengan e-mail sebelumnya hanya lebi mirik struk belanjaan dan tidak dicantumkan nomor VA dan cara metoda pembayaran.

- Subject e-mail (Sociolla - Payment Accepted), seperti judul e-mailnya, kita diberitahu bahwa pembayaran yang kita lakukan telah diterima oleh Sociolla

- Subejct e-mail (Thank you for your purchase - Sociolla - (nomor pesanan)) ini merupakan e-mail final yang akan kalian terima yang menandakan barang yang kalian beli telah berhasil dan akan diproses untuk dikirimkan ke kalian.



Ada hal yang perlu kalian ketahui. Seperti yang aku jelaskan sebelumnya bahwa aku melakukan check out melalui applikasi. Setelah melakukan pembayaran, aku memperoleh infromasi Order detail - Payment accepted, ketika aku membuka halaman "My Order" di apps, detail pesananku tidak muncul, akan tetapi muncul di website dengan status Order detail - In Progress. Jadi, teman-teman tidak perlu panik ya apabila ada error di applikasi.

Pada tanggal 04 September 2021 pukul 22.17Wib aku mendapatkan e-mail mengenai status pesananku yang sudah "Shipped" atau telah dikirim. Diinformasikan pula nomor tracking pengiriman. Pengiriman paketku menggunakan jasa kurir/ekspedisi SAP dan di Sociolla kita tidak dapat memilih jasa kuris/ekspedia yang digunakan. Tanggal 7 September 2021 sebenarnya paketku sudah dikirim kerumah akan tetapi karena aku tidak dapat menerima langsung jadi baru aku terima tanggal 8 September 2021. Bersamaan dengan diterimanya paket, aku juga mendapatkan update di e-mail bahwa paketku telah terkirim. Dari memesan hingga barang tiba dirumah semuanya berlangsung secara aman, cepat dan mudah.


Baiklah, sekarang saatnya kita melakukan review untuk pengalaman belanja di Sociolla. Pertama, ada satu hal yang aku sadari yaitu box sociolla. Box sociolla sangat berbeda dengan box 5 tahun lalu. Box kali ini tidak sekokoh box waktu itu, box saat ini lebih tipis seperti tebal box kotak makan. Aku kira hal ini tidak perlu terlalu dipusingkan karena box nya masih cantik dengan warna pink-nya dan masih dapat melindungi produk di dalamnya. Produk di dalamnya sendiri pun masih dibungkus dengan bubble wrap. Bagi yang suka koleksi box tentu hal ini sangat disayangkanya, cuma tak apa, ini juga bisa menghemat berat paket.

Point berikutnya adalah kelengkapan brand yang ada di Sociolla. Sejujurnya, belanja di sociolla itu menyenangkan karena sociolla benar-benar seperti one-stop-go-shopping untuk skincare dan makeup, banyak sekali brand lokal maupun luar yang sudah tersedia di Sociolla dan dijamin keamanannya. Seperti yang sudah aku sampaikan diatas, belanja di sociolla itu mudah, cepat, dan aman, oleh karena pelayanan yang baik dan professional sangat wajar jika sociolla tidak dapat memberikan harga yang sangat miring seperti online store yang banyak di market place lain. 

Dengan banyaknya penawaran gratis ongkir dari market place, tentu disayangkan bila Sociolla tidak memberikan gratis ongkir. Nah disinilah gunanya point di Sociolla. Point yang dikumpulkan dapat ditukar dengan nilai rupiah yang setidaknya dapat menutup nilai ongkir. Point Sociolla sendiri dapat dikumpulkan secara gratis dengan login di applikasi, melakuan review di forum SOCO dan melakukan aktivitas di forum SOCO. Menurut kau hal ini menarik karena dengan gagasan seperti ini secara tidak langsung Sociolla membentuk komunitas kosmetik dan skincare di Indonesia. Selain itu Forum SOCO juga menawarkan banyak sekali aktivitas yang menarik dan informasi yang bermanfaat.

Pada akhirnya, kita sebagai konsumen lah yang memilih tempat untuk belanja sesuai dengan budget yang kita miliki. Aku berharap pengalamanku dapat menambah informasi kalian yang ingin belanja di Sociolla dan jangan berbagi itu peduli, tuliskan pengalaman kalian di kolom komentar sehingga teman-teman yang lain juga dapat terbantu. Ic-Christa Out!

Be Friend with Me on g+ and Keep in touch with me on Instagram : iinchr 
 | Contac Me : icchrista [at] gmail [dot] com | Iin - Ic Christa |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share your story, opinion, and experiences here !