Beauty 101 : Membersihkan Spons dan Kuas Makeup Bagian 1

Sebagai pencinta make up setidaknya saya dan kalian pasti punya minimal sponge atau brush untuk mengaplikasikan make up. Permasalahannya adalah bagaimana cara kita merawat tools tersebut agar tahan lama. Iyaahh saya pelit, saya ngga akan buang sponges saya kalo ngga sampai brodoli sponges nya *uhk buka aib*. Mama saya mah bilang mending beli baru aja ngelihat sponges yang udah kumel tapi saya masih mau mempertahankannya *sudah terlanjur cintah atuh* dengan cara mencucinya.


Berhubung saya masih ngga sempet belanja brush cleanser yang menjamur di online shop, saya pilih cara konvensional yaitu mencuci dengan sabun mandi yang gampang ditemukan disupermarket dekat rumah. Cara saya ini terinspirasi dari beberapa beauty gurus yang lapaknya sering saya singgahi. Sebenarnya ga ada cara patennya jadi suka-suka kalian aja mau dimodifikasi seperti apa.

Oke mulai dengan yang pertama siapkan bahan-bahannya:


Sabun mandi – Disini saya pakai brand “Cussons Baby Antibacterial Wash”. Banyak beauty gurus yang menyarankan menggunakan sabun yang lembut agar tidak merusak bulu-bulu kuas, jadi saya prefer menggunakan sabun baby. Untuk antibacterial atau ngga ini optional.

Untuk sabun ini juga ga harus pakai sabun mandi kalian bisa pakai shampoo baby atau sabun pencuci botol susu bayi ataupun sabun pencuci piring, intinya suka-suka sih, tapi yang paling penting adalah sabun tersebut tidak merusak bulu kuas. 

Cairan Antiseptic – Saya memilih brand “Detol”. Sejujurnya saya hanya menginginkan sponges dan brushes saya terbebas dari kuman saja, jadi nanti dilangkah terakhir saya akan membilas menggunakan air dengan campuran cairan antiseptic. Ini juga optional.

Wadah untuk menampung air. Wadahnya terserah kalian tapi aku sarankan jangan menggunakan peralatan makan, jika menggunakan peralatan makan sebaiknya jangan digunakan lagi untuk alat makan, khususkan saja sebagai wadah untuk membersihkan make up tools.

Tissue. Barang ini tidak terfoto tapi akan sangat berguna diakhir steps.

Air. Saya menggunakan air kran rumah, tidak menggunakan air hangat (ada beberapa beauty gurus menggunakan air hangat). Saya prefer menggunakan air dingin alasannya ribet kalo pake air hangat cyinnnn saya malas masaknya hohoho XD~

Sponges dan Brushes kotor. Tentulah ini bahan utamanya LOL tanpa ini apa gunanya post ini *abaikan* (FYI, Part 1 akan membahas cara membersihkan sponges dan Part 2 akan membahas cara membersihkan brushes)

Setelah semua bahan siap mari kita mandikan alat-alat perang para perempuan diseluruh penjuru dunia ini wkwkwkwk :

Langkah pertama. Isi air kedalam wadah hingga terisi setengahnya kemudian campurkan sabun mandi.


Langkah kedua. Masukkan sponge ke dalam wadah sambil diremas/dipijat agar residu make up yang tidak membandel keluar dari sponge kesayangan kita. Lakukan kepada semua sponges yang ingin dicuci.

Berikut ini adalah tampilan sponges saya setelah mandi pada tahap kedua ^^


Langkah ketiga. Buang kotor pada wadah kemudian isi wadah dengan air bersih hingga setengahnya.

Langkah keempat. Tuang sabun mandi pada area sponge yang terdapat residu make up yang belum dapat hilang pada langkah kedua. Residu make up ini cukup membandel jadi harus langsung dibersihkan dengan sabun.

Langkah kelima. Ulangi langkah ketiga dan campurkan cairan antiseptic pada tahap ini.


Langkah keenam. Bilas sponges dengan cara pada langkah kedua pada campuran cairan antiseptic agar sponges benar-benar higenis.



Langkah ketujuh. Sponges telah selesai dibersihkan, sekarang waktunya dikeringkan. Saya sarankan tidak mengeringkan sponges diarea terbuka (seperti teras rumah atau ambang jendela) karena akan mengakibatkan debu-debu melekat pada sponges. Keringkan saja pada suhu kamar dan tempat yang sejuk.

Setelah sponges kering maka sponges dapat dipakai kembali. Memang sponges tidah dapat kembali bersih 100% seperti pertama kali kita beli, tapi kebersihannya sudah lebih baik dari pada tidak dibersihkan sama sekali. Untuk sponges saya sarankan sekali pakai kemudian dicuci, jika kalian merasa terlaku ekstrim, maksimal 2x pakai sponges sudah harus dicuci. Jangan menggunakan sponges yang sudah sangat kotor secara terus menerus itu akan mengakibatkan kotoran tertimbun dan imbasnya pada kulit kita.


Semoga post ini membantu kalian dan menambah wawasan kita semua. Jangan lupa baca juga part 2 dari Beauty 101 “Cleansing Sponges and Bruses” karena saya akan membahas cara membersihkan kuas beserta tips yang perlu diketahui.

Jika kalian pernah membersihkan sponges atau brushes kesayangan kalian dengan dengan cara lain please share your experience in the comment box^^


Christa Out 안녕 ^^

Be Friend with Me on g+ 
and
Keep in touch with me on Instagram : iinchr 
| Contac Me : icchrista [at] gmail [dot] com | Ic Christa |

8 komentar:

  1. kalo aq biasanya bersihin kuas makeup pake shampoo baby yg mrek jhonson... tp biasanya sebulan sekali nyuci nya krn seringan lupa... lol... btw nice tips :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ce aku juga berencana beralih ke shampoo setelah sabun mandi ini habis kayaknya lebih efektif shampoo (?) wkwkwkkw
      LOL kalau aku biasanya kuas eyeshadow ce yang kayak gitu
      tapi kalau buat foundi atau BBC aku ga bisaa . .
      udah kumel gitu wkwkkw ..

      Hapus
  2. Aku biasanya pakai shampoo bayi karena murah meriah. hihi.
    Nice post!

    Btw, aku udah follow blog kamu via gfc.
    Please follow back my blog. It's means a lot^^

    http://gotchadiary.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. No problem at all! Yang terpenting mencuci brushnya bersih. Pakau shampoo bayi juga bisa jadi alternatif ^^

      Hapus
  3. aku biasanya pakai shampoo, tapi harusnya pakai detol juga yaaa biar bebas kuman hihi.
    .
    nice tips!
    .
    XOXO,
    http://mkartikandini.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh banyak yang pakai shampoo yah, mungkin lain kali saya akan mencobanya juga heheh. Pakai detol itu optional saja hehehe. Thank you.

      Hapus
  4. biasanya ku cuma pake shampo + baby oil doang. gapernah kepikiran buat pake detol wkwkwk

    hai-ija.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baby oil aku baru tahu nih. Apa ngga berminyak tuh kuasnya? btw thank you for sharing ^^

      Hapus

Share your story, opinion, and experiences here !