Beauty 101 : Membersihkan Spons dan Kuas Makeup Bagian 2

Seperti janji saya di post Beauty 101 : Membersihkan Spons dan Kuas Makeup Bagian 1, pada bagian 2 ini saya akan membahas khusus cara membersihkan kuas make up. Sekali lagi disini saya tekankan bahwa cara saya belum tentu benar, disini saya hanya membagi tips dan tricks yang saya tahu dan semuanya belum tentu benar ^^, jika kalian ada pandangan lain silahkan berbagi pengalaman dikolom komentar^^. 


Step by step untuk membersihkan kuas make up ini tidak jauh berbeda dari langkah-langkah yang telah saya bagikan di post bagian 1. Cara detail-nya akan tetap saya jabarkan di post ini, so don't worry and keep reading 'till finish everybody *smirke* 

Peralatan dan perlengkapan pembersih yang saya pakai yaitu :


Sabun mandi bayi yang mengandung antibacterial (optional) - Cussons Baby Antibacterial Wash. Saya menggunakan sabun mandi bayi dengan asumsi bahwa sabun mandi bayi tidak mengandung bahan kimia yang keras yang dapat merusak bulu-bulu kuas make up saya. 

Jika kalian tidak ingin menggunakan sabun mandi, kalian dapat menggantinya dengan shampoo baby, sabun pencuci botol bayi ataupun sabun pencuci piring. Hanya perlu diperhatikan kandungan kimia dalam sabun-sabun tersebut tidak merusak bulu-bulu kuas kalian. 

Antiseptik (optional) - Dettol. Meskipun sabun mandi yang saya gunakan sudah mengandung antibacterial, saya hanya mau make-sure saja kalau kuas saya benar-benar bersih dari kuman, sehingga diakhir step nanti saya akan membilas kuas saya dengan antiseptik.

Wadah untuk menampung air. Wadahnya terserah kalian tapi aku sarankan jangan menggunakan peralatan makan, jika menggunakan peralatan makan sebaiknya jangan digunakan lagi untuk alat makan, khususkan saja sebagai wadah untuk membersihkan make up tools.

Tissue. Barang ini tidak terfoto tapi akan sangat berguna diakhir steps.

Air. Saya menggunakan air kran rumah, tidak menggunakan air hangat (ada beberapa beauty gurus menggunakan air hangat). Saya prefer menggunakan air dingin alasannya ribet kalo pake air hangat cyinnnn saya malas masaknya hohoho XD~

Kuas make up. Oke yang satu ini tentunya jadi menu utamanya. Sebaiknya kalian mencuci kuas make up kalian setelah 2-3x pemakaian (untuk foundation, contour and shading, powder brush) dan 3-4x pemakaian (untuk eye shadow dan eyebrow brush). Jika kalian ingin lebih bersih lagi kalian bisa sekali pakai langsung dicuci ^^.

Kita mulai untuk langkah-langkahnya :


Langkah pertama. Isi air kedalam wadah hingga terisi sampai dengan pangkal kuas saja kemudian campurkan sabun mandi. Jangan masukkan keseluruhan kuas kedalam air karena akan merusak lem pada kuas make up. 

Langkah kedua. Masukkan brush satu persatu kedalam wadah sambil dipijat pada bagian bulu-bulunya agar residu pada kuas luntur semua. Pada langkah ini saya sarankan jangan terlalu semangat memijat-mijat bulu kuas kalian. Ada beberapa bulu kuas yang dapat rontok atau berubah bentuk karena tekanan yang terlalu keras pada langkah ini.

Langkah ketiga. Buang air kotor pada wadah dan ulangi lagi langkah pertama. Apabila kalian yakin bahwa kuas kalian telah bersih kalian dapat melanjutkan pada langkah keempat, apabila kalian masih belum yakin bahwa kuas telah dibersihkan dengan baik, ulangi langkah kedua. 



Langkah keempat. Campurkan air cucian yang baru dengan cairan antiseptik. Selanjutnya, masukkan brush kedalam wadah dan pijat kembali bagian bulu-bulunya hinga terbebas dari residu. 

Langkah kelima. Keringkan brushes dengan tisu, hingga air yang meresap pada bulu-bulu kuas terserap dengan baik.



Langkah keenam. Keringkan brushes dalam keadaan bulu-bulu kuas menghadap kebawah pada suhu ruangan. Jangan mengeringkan kuas diluar rumah atau ambang jendela yang rawan sekali dengan debu. Pastikan kuas make up kalian telah kering dengan sempurna, baru disimpan dalam wadah yang tertutup, karena kuas yang belum kering dengan sempurna kemudian disimpan dapat mengakibatkan jamur tumbuh pada kuas kalian. 

Jika kalian pernah membersihkan sponges atau brushes kesayangan kalian dengan dengan cara lain please share your experience in the comment box^^


Christa Out 안녕 ^^

Be Friend with Me on g+  
and
Keep in touch with me on Instagram : iinchr 
| Contac Me : icchrista [at] gmail [dot] com | Ic Christa |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share your story, opinion, and experiences here !